Wednesday 29 October 2014

Bersantai Menikmati Indahnya Kota Jogja

Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat
Jogjakarta atau Ngayogyakarta merupakan salah satu provinsi di Indonesia dengan istilahnya Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kota dengan panorama yang masih alami membuat para pribumi bahkan para pendatang mengunjungi kota dengan sejuta warna ini. Salah satu keistimewaan dari Kota Pelajar ini bahwa Jogjakarta masih memiliki adat yang sangat khas dengan adanya Kraton Jogjakarta yang tepatnya berada di pusat kota. Dengan masih mengangkat tinggi seorang Sultan sebagai pemegang Kraton Jogjakarta, membuat para penikmat kebudayaan berbondong-bondong datang ke Jogjakarta untuk melihat keaslian dari unsur budaya tersebut. Tidak hanya itu pula, jika para pengunjung datang ke Jogjakarta bertepatan dengan acara Kraton, maka mereka akan melihat betapa indahnya seni dan budaya yang dimiliki oleh Jogjakarta. Masih terdapat pula Tugu Jogjakarta yang berdiri dengan tegak di tengah-tengah kota dengan lampu yang memancar sehingga membuat semua mata tertuju oleh menawannya tugu tesebut. Inilah salah satu budaya yang tidak dapat dipisahkan dari Indonesia.

Begitu pula dengan cerminan masyarakat yang dimiliki oleh masyarakat Jogjakarta. Keramahtamahan yang dimiliki secara turun temurun tersebut membuat para pengunjung Kota Gudeg ini merasakan indahnya sebuah persaudaraan yang terjalin meskipun mereka berbeda budaya entah dalam negeri maupun luar negeri. Tidak senggan-senggannya masyarakat Indonesia memancarkan senyum manisnya kepada setiap orang yang menemui para pengunjung.



Terlebih lagi dengan makanan khas yang dimilik oleh kota ini dengan tekstur yang sangat manis dan lembut membuat setiap lidah yang mencicipinya ingin kembali lagi ke Jogja. Itulah yang namanya Gudeg. Begitu banyak orang ingin yang datang ke Jogja hanya ingin merasakan nikmatnya Gudeg sambil merasakan indahnya suasana Jogja. Apalagi jika ditambah dengan Wedang Jahe atau Wedang Ronde bersama dengan Jagung Bakar di pinggiran jalan, semakin menambah indahnya malam hari sambil diterangi oleh banyaknya bintang yang berkelap kelip.
Malioboro
Bukan hanya dari segi pemandangan secara kasat mata saja yang dapat kita nikmati dari Kota Jogjakarta ini. Disisi lain dari semuanya ini, banyak tempat wisata yang harus dikunjungi oleh para wisatawan. Para pengunjung dapat melihat serunya Tlogo Putri Kaliurang, Gua Pindul atau bahkan Air Terjun Sri Gethuk di daerah Wonosari dan Gunung Kidul. Pemandangan alam yang masih bersih dan membuat setiap orang merindukan kota ternyaman ini. Kita dapat menikmati betapa agungnya ciptaan Tuhan di balik dari padatnya aktivitas di tengah kota. Tempat yang begitu menenangkan untuk melepas penat bersama dengan orang-orang yang disayang. Begitu mesra dan hangat sebuah panorama yang tidak akan kita bayangkan hingga tersanjung oleh kenampakan alam tersebut.

Sungguh suasana yang tidak dapat dihindarkan lagi dan membuat ingin pulang kembali ke Jogja dan menikmati indahnya kota tercinta ini. Seperti lagu yang ditulis oleh Katon Bagaskara berjudul “Yogyakarta” yang mengatakan bahwa rasanya ingin pulang ke Jogja, menikmati indahnya sajian khas yang berselera dengan musisi jalanan yang indah seakan semua orang sedang bernostalgia untuk menghilangkan segala lara. Inilah yang dirasakan ketika menikmati suasana Jogja.

Pulang ke kotamu
Ada setangkup haru dalam rindu
Masih seperti dulu
Tiap sudut menyapaku bersahabat, penuh selaksa makna
Terhanyut aku akan nostalgia
Saat kita sering luangkan waktu
Nikmati bersama
Suasana Jogja


Cuplikan lagu dari KLA Project diatas menggambarkan sedikit suasana Jogja di angan kita. Kenapa sih harus Jogja yang dijadikan lagu oleh KLA Project? Mungkin banyak orang bertanya tentang hal itu. Seperti lirik lagu dari KLA Project, Jogja pasti menyimpan banyak kenangan indah bagi orang yang pernah kesana, dan akan menjadi nostalgia yang tidak mudah dilupakan.
Tugu Jogja Kembali
Tidak Salah orang menjadikan Jogja tempat wisata, karena ditempat ini kita dapat menemukan berbagai macam tempat wisata, bahkan tidak perlu menuju tempat wisata untuk berlibur di Jogja karena suasana Jogja sudah memberikan hiburan tersendiri bagi mereka yang datang kesini. Berlibur ke Jogja adalah pilihan tepat. Selain fasilitas yang lengkap disini, kita menyadari bahwa biaya hidup disini tidaklah terlalu mahal. Bayangkan saja dengan uang 6000 rupiah disini bisa makan nasi dengan lauk ayam lengkap dengan tehnya. Untuk oleh-oleh khas Jogja pun bisa didapatkan dengan harga murah meriah dan masih bisa ditawar. Itulah mengapa Jogja merupakan surga bagi para pecinta belanja.

Berbagai macam orang di Jogja dari dalam maupun luar negeri datang untuk mencari ketenangan. Di pusat keramaian sekalipun di Jogja tetap menawarkan suasana tenang yang damai sehingga tidak akan ada waktu yang terbuang percuma disini. Sebagai kota besar Jogja merupakan tempat tepat untuk singgah maupun tinggal. Karena disni kita tetap bisa melakukan pekerjaan kita tanpa takut merasa jenuh karena selalu terobati dengan suasana Jogja.

Senyum, canda, tawa, bahagia, dan cinta akan selalu menjadi bagian kota ini dan tidak akan hilang sebagai identitasnya sebagai kota yang ramah. Kebahagiaan akan selalu terlihat di setiap tempat di Jogja yang menawarkan berbagai macam pemandangan yang memanjakan mata. Siapapun yang datang ke Jogja akan enggan meninggalkannya dan bagi yang pernah ke Jogja akan selalu merindukannya.

No comments:

Post a Comment